Pesona Kebun Teh Alahan Panjang yang Memanjakan Jiwa

Pesona Kebun Teh Alahan Panjang yang Memanjakan Jiwa – Kebun Teh Alahan Panjang adalah perkebunan penghasil daun teh terbesar di Sumatera Barat yang berada di bawah pengelolaan PT. Perkebunan Nusantara dengan luas 20 hektar.

Perkebunan ini berada di atas Bukit Barisan lereng bagian timur Kawasan Taman Nasional Kerinci dengan ketinggian 1400-1600 mdpl.

Meskipun profesi kebanyakan masyarakat Solok adalah pedagang dan petani lebih-lebih penghasil padi, namun hasil memproses dari perkebunan ini terlampau bagus apalagi Solok jadi penghasil daun teh terbesar di Sumatera Barat dengan kehadiran perkebunan ini.

Sejarah Kebun Teh Alahan Panjang

Pada th. 1946 kota Solok dinobatkan sebagai “kota” di Sumatera Barat yang kaya dapat sumber energi alam, dan khazanah budaya.

Sebelum th. 1946 pesona Solok jadi pemantik perseteruan bangsa Jerman dan Belanda saat berada di Indonesia berkenaan siapa yang kudu menguasai Solok.

Pada pada akhirnya lahan di Solok terbagi jadi dua, tersedia yang di bawah bangsa Belanda, dan satu kembali di bawah Jerman. Meskipun terbagi jadi dua penguasaan, namun pada tataran realisasi mereka sama-sama menanam teh di lahan tersebut.

Pasca kemerdekaan Republik Indonesia, perkebunan teh berikut pengelolaannya berada di bawah PT. Perkebunan Nusantara. Dan nama perkebunan berikut berubah, lebih dikenal dengan sebutan Kebun Teh Alahan Panjang.

Terdapat “kontroversi” di beberapa kalangan tentang nama sesungguhnya dari perkebunan ini. satu versi mengatakan bahwa perkebunan ini bernama Perkebunan Teh Alahan Panjang, dan yang ke dua menyatakan bahwa sesungguhnya nama perkebunan ini adalah “Perkebunan Teh Danau Kembar”.

Kedua penyebutan berikut punya alasan yang sama-sama kuat. Penyebutan “Kebun Teh Alahan Panjang” karena berada di Nagari Alahan Panjang.

Yang ke dua. Penyebutan “Perkebunan Teh Danau Kembar” karena lokasinya berdekatan dengan objek wisata yang terlampau terkenal, yakni “Danau Kembar” atau yang lebih dikenal dengan Danau Diatas /Danau Dieteh dan Danau Di Bawah.

Terlepas dari penyebutan nama yang berbeda, namun keduanya menerjemahkan berkenaan sebuah keindahan yang dimiliki oleh kebun teh tersebut.

Mengenal Istilah “Nagari”

Pada awalnya Solok berasal dari satu lokasi rutinitas saja, yakni Nagari Solok. Dan sejalan perkembangan jaman, standing area “Nagari” jadi banyak.

Pada paragraf pada mulanya telah dibahas bahwa perkebunan teh ini berlokasi di Nagari Alahan Panjang. Nah, bagi kalian yang belum jelas berkenaan apa itu “Nagari”, maka inilah penjelasan singkatnya.

Nagari adalah bagian lokasi administratif sesudah kecamatan yang tersedia di Sumatera Barat. Jika di area lain tenar dengan istilah “Desa” atau “Kelurahan”, maka “Nagari” sebagai penggganti dari istilah Desa dan Kelurahan. Tetapi jelas tersedia perbedaan dalam tata laksananya juga.

Pemimpin Nagari disebut dengan “Wali Nagari” yang dipilih melalui musyawarah mufakat masyarakat dan perwakilan “Jorong”.

Nah, objek wisata Perkebunan Teh Danau Kembar berada di Nagari Alahan Panjang. Maka lumrah saja kecuali disebut dengan nama Perkebunan Teh Alahan Panjang.

Baca Juga: Keindahan Pantai Ulee Lheue Aceh Yang Bersejarah

Lokasi Kebun Teh Alahan Panjang

Alamat dan lokasi Perkebunan Teh Alahan Panjang berada di Nagari Alahan Panjang, Kecamatan Lembah Gumanti, Kabupaten Solok, Provinsi Sumatera Barat.

Rute Menuju Kebun Teh Alahan Panjang

Jalan ke Kebun Teh Alahan Panjang dapat di lalui oleh beraneka jenis kendaraan, meski sesungguhnya kondisinya tak begitu lebar.

Jarak dari kota Padang adalah 72 kilometer dengan total saat tempuh sepanjang 2 jam perjalanan. Jika dari Solok cuma berjarak 60 kilometer dengan total saat tempuh tidak cukup lebih 1 jam perjalanan.

Untuk menikmati view dari Kebun Teh Alahan Panjang ini, pengunjung kudu memasuki kawasan Perkebunan lebih-lebih dahulu.

Pesona Perkebunan Teh Alahan Panjang

Bagi yang belum jelas berkenaan pesona keindahan Kebun Teh Alahan Panjang bisa membayangkan berkenaan keindahan objek wisata Puncak Bogor.

Tetapi Alahan Panjang lebih mengagumkan, karena kecuali di Puncak Bogor pemandangannya telah bercampur dengan bangunan-bangunan, maka di Alahan yang nampak tidak cuman kebun teh adalah pesona pegunungan, dengan kata lain full alam.

Hamparan hijau yang luas dari daun teh yang menyegarkan mata, udara yang sejuk, ciri khas aroma teh, dan juga sajian minuman hangat di warung paling dekat jadi sebuah keindahan yang sukar di lukiskan.

Pekerjaan yang menumpuk, kasus hidup yang tak kunjung usai, bisingnya kendaraan, untuk sementara reda karena kesejukan udara dan juga aroma teh yang dapat menenangkan jiwa.

Setelah hingga di lokasi parkiran, mulailah sebuah perjalanan yang menenangkan jiwa apalagi kecuali masuk ke tengah-tengah perkebunan teh.

Pemandangan para pekerja yang sedang menuai daun teh pilihan dengan posisi keranjang penampung daun menempel di punggung jadi sajian keindahan alam yang berharmoni dengan manusia.

Setelah selesai menapaki keindahan perkebunan, luangkan saat untuk mencicipi minuman hangat yang di jual di warung-warung kira-kira perkebunan, harganya terlampau bersahabat tidak banyak kuras mengisi dompet.

Sajian minuman hangat baik teh maupun kopi dapat makin lama menaikkan kenikmatan saat singgah ke Perkebunan Teh Alahan Panjang.

Kebun Teh Alahan Panjang terlampau recommended jadi wisata edukasi, wisata alam, dan juga wisata keluarga. Semua tema berikut tersaji di area perkebunan ini.

Wisata Kuliner Khas Alahan Panjang

Bukan cuma kebun teh saja yang jadi pemikat bagi para wisatawan, namun terkandung satu kembali keistimewaan dari Alahan Panjang, yakni “Wisata Kuliner Khas Alahan”.

Alahan jadi salah-satu kiblat tradisi kuliner di Minagkabau, kuliner yang bersumber dari kekayaan alam setempat namun tidak mengesampingkan rasa dan estetika.

Di antara kuliner khas Alahan Panjang adalah sebagai berikut :

1. Kareh-Kareh

Makanan yang terbuat dari bahan dasar tepung beras, gula, vanili, dan air secukupnya. Teksturnya terlampau renyah, dan mempunyai rasa manis yang pas di lidah.

Bentuknya unik, layaknya sarang burung berlapis-lapis, dengan ranting-ranting halus dan punya warna merah kecoklatan.

Butuh keahlian khusus untuk membuat kuliner Kareh-Kareh, karena prosesnya rumit, kudu teratur, dan yang tentu perlu kesabaran.

2. Dadiah

Dadiah adalah susu kerbau yang di fermentasi dalam buluh atau bambu. Biasanya sistem fermentasi berlangsung sepanjang dua hari.

Setelah sistem fermentasi, susu kerbau berubah jadi krim padat yang bertekstur lembut dengan cita rasa khas, yakni asam.

Cara penyajiannya pun khas, kebanyakan Dadiah di hidangkan dengan emping beras atau disebut juga “Ampiang Dadiah”. Dadiah yang asam, Ampiang Dadiah yang renyah, di siram dengan manisnya cairan gula aren jadi sebuah kenikmatan yang luar biasa.