Air Terjun Tukad Cepung: Wisata Alternatif di Pulau Dewata

Air Terjun Tukad Cepung: Wisata Alternatif di Pulau Dewata – Air Terjun Tukad Cepung, sebuah air terjun yang amat indah karena airnya mengalir dari atas lubang goa. Sehingga orang yang idamkan menyaksikannya harus masuk terlebih dahulu ke dalam goa tersebut.

Air terjun di Bali yang tetap berada di Kabupaten Bangli dan jadi target wisatawan mancanegara untuk berlibur bersama alam Pulau Dewata.

Sedikit informasi bikin kalian para traveler, bahwa Kabupaten Bangli adalah kabupaten yang tersedia di Bali yang tidak punyai pantai, supaya keberadaan air terjun jadi wajah kesempurnaan Bali. Bahwa Bali bukan sebatas tentang pantai.

Bagaimana deskripsi pesona keindahan Air Terjun Tukad Cepung? Inilah ulasan lengkapnya!

Lokasi Dan Alamat Air Terjun Tukad Cepung

Lokasi dan alamat Air Terjun Tukad Cepung berada di Banjar Penida Kelod, Desa Tembuku, Kecamatan Tembuku, Kabupaten Bangli, Provinsi Bali.

Rute Menuju Terjun Tukad Cepung Waterfall

Rute atau akses jalan menuju Air Terjun Tukad Cepung dari Denpasar cuma berjarak 39 kilometer. Dan jarak dari Bandara Ngurah Rai Bali kurang lebih 53 kilometer.

Akses jalannya bisa di lewati oleh mobil atau motor sampai sampai di tempat parkiran wisata Air Terjun Tukad Cepung, dan keadaan jalannya telah bagus.

Sejarah Air Terjun Tukad Cepung

Sejarah Air Terjun Tukad Cepung pada awalannya merupakan wilayah yang di sakralkan oleh masyarakat setempat. Serta di jadikan tempat untuk melakukan Melukat atau penyucian diri dan jiwa.

Melukat adalah upacara turun temurun oleh umat Hindu sampai kala ini. Dan melukat adalah upacara pembersihan asumsi dan jiwa secara spiritual dalam diri manusia.

Pada th. 2017, wilayah Air Terjun Tukad Cepung terasa di buka untuk umum. Banyaknya wisatawan yang memposting keindahannya, maka jadi banyak orang yang datang ke wilayah wisata Air Terjun Tukad Cepung.

Bukan cuma masyarakat lokal, atau wisatawan nasional saja yang datang. Namun turis mancanegara banyak juga yang datang ke wilayah tersebut, lebih-lebih artis internasional.

Baca Juga: Danau Towuti: Pesona Danau Tertua Di Indonesia

Daya Tarik Tukad Cepung Waterfall

1. Pesona Keindahan Air Terjun

Air Terjun Tukad Cepung atau Tukad Cepung Waterfall punyai ketinggian kurang lebih 15 meter, dengan keadaan air yang jernih, dan juga arus air yang turun tidak begitu deras.

Air yang turun menyerupai sebuah tirai raksasa, di sorot cahaya matahari supaya memantulkan cahaya keindahan ke dalam goa yang sedikit gelap.

Uniknya, Air Terjun Tukad Cepung tidak punyai palung atau kolam utama. Sehingga air yang turun segera mengalir di sepanjang jalan yang tadi di lewati oleh para wisatawan.

Kondisi goanya tidak sempit, supaya tidak pengap. Udara di dalam goa juga sejuk, tidak amat lembab seperti biasanya goa lainya. Mungkin karena sirkulasi udara yang memadai dari lubang tempat Air Terjun Tukad Cepung turun.

Sumber mata air Air Terjun Tukad Cepung berasal dari mata air yang tersedia di atasnya. Bahkan aliran air tersebut meluber, supaya dari atas tebing yang di lewati sering terkandung tetesan air.

Jadi siapkan baju ganti, dan amankan barang elektronik kamu jangan sampai terkena tetesan air. Gunakan juga alas kaki yang tepat, aku rekomendasikan jangan Mengenakan sepatu, karena airnya akan masuk ke dalam sepatu.

Tidak adanya palung atau kolam utama, menjadikan sebuah kebebasan bagi para wisatawan untuk mandi atau berdiri di bawah guyuran Air Terjun Tukad Cepung.

2. Pesona Pemandangan Sekitar

Pemandangan alam di kurang lebih Air Terjun Tukad Cepung amat indah sekali, surga bagi para pengagum dunia fotografi. Terutama tebing dan bebatuan di kurang lebih air terjun.

Pemandangannya amat instagramable, supaya lumrah saja banyak turis mancanegara yang datang ke wilayah ini. Pemandangan terindah adalah kala cahaya matahari menyinari air yang turun, supaya memancarkan pantulan cahaya yang amat eksotis.

Abadikan peristiwa kebahagiaan, dan keindahan kamu kala berada di sana dengan jepretan kamera.

3. Jalur Perjalanan Ke Air Terjun Tukad Cepung

Perjalanan ke Air Terjun Tukad Cepung dari Denpasar akan banyak di suguhi sajian panorama hijaunya tempat pesawahan, deretan pohon kelapa di samping jalan utama, dan juga ornamen artistik khas bali.

Jalur perjalanan ke wilayah utama Air Terjun Tukad Cepung telah tertata secara baik. Jalur pijakan telah berbentuk tembok, terkandung pagar pembatas, dan juga di samping jaur tersebut tumbuh tanaman yang di rawat secara baik.

Tidak terbayangkan bagaimana terkecuali perjalanan ke wilayah utama tetap berbentuk tanah. Jalur seterusnya akan tetap turun menapaki anak tangga.

Turunan pertama, para pengunjung akan melalui sebuah cafe. Selanjutnya di jalan yang datar, tepatnya di sebelah kanan terkandung aliran air yang amat jernih. Spot tersebut sering di jadikan tempat berenang atau bermain air oleh anak-anak.

Setelah itu, lanjutkan perjalanan ke Air Terjun Tukad Cepung tetap dengan menuruni anak tangga. Hebatnya, di sepanjang jalan amat bersih, hampir tidak tersedia sampah plastik yang berserakan.

Di turunan tangga yang terakhir, tepatnya kala berhadapan dengan sebuah tebing batu yang tinggi dan lebar. Maka kala kamu menyaksikan ke sebelah kanan, terkandung sebuah air terjun yang kecil. Namun itu bukanlah Air Terjun Tukad Cepung.

Jalur perjalanan ke Air Terjun Tukad Cepung dengan mengambil alih arah ke sebelah kiri. Di sinilah keseruan dan keindahan jadi bertambah.

Kaki traveler akan berjalan di sungai dengan kedalaman air di bawah mata kaki orang dewasa. Tidak amat lebar, keadaan airnya amat jernih, dan juga di apit di antara tebing-tebing batu yang kokoh.

Setelah itu, tibalah kamu memasuki kawasan goa di mana tetesan air banyak turun dari atas. Sehingga tersedia juga beberapa wisatawan yang datang ke Air Terjun Tukad Cepung dengan membawa payung.

Hanya tinggal beberapa cara lagi, dengan cara masuk ke dalam goa, maka kamu akan menyaksikan sebuah air terjun yang mengalir dari lobang goa yang tersedia di atasnya.

Itulah Air Terjun Tukad Cepung, sebagai target utama perjalanan anda. Waktu tempuh dari tempat parkir sampai ke wilayah Air Terjun Tukad Cepung kurang lebih 20 menit perjalanan.